JAMBURA Guidance and Counseling Journal
Vol 5 No 2 (2024): Volume 5 Nomor 2: November 2024

Deskripsi Perilaku Bullying pada Siswa di Sekolah Dasar

Solina, Wira (Unknown)
Wahyudi, Ricky (Unknown)
Putra, Fuaddillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2024

Abstract

Perilaku bullying dikalangan peserta didik begitu marak terjadi saat ini, baik secara verbal maupun non verbal. Teridentifikasi perilaku bullying yang terjadi dimana siswa mengejek teman, memanggil teman dengan gelar, memukul teman dengan sengaja dan berulang-ulang. Menyakiti teman karena terlihat lemah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran perilaku bullying yang terjadi pada siswa di SDN 03 Muaro Petai. Populasi berjumlah 65 siswa kelas IV-VI. Penarikan sampel dengan teknik total sampling. Sampel berjumlah 65 siswa. Metode penelitian yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar angket dengan skala likert fenomena perilaku bullying dikalangan siswa yaitu berupa angket yang terdiri dari 32 butir pernyataan. Hasil penelitian diolah menggunakan SPSS. Hasil penelitian diperoleh menunjukan bahwa perilaku bullying di SDN 03 Muaro Petai sebanyak 12 orang (18,5%) berada pada kategori tinggi. Selanjutnya 38 orang peserta didik (58%) berada pada ketegori sedang, dan 15 orang peserta didik (23%) berada pada ketegori rendah)

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jgcj

Publisher

Subject

Education

Description

School Counseling Psychology Counseling Career Counseling; Couple Marriage and Family Counseling Mental Health Counseling Supervision Theory Development Professional Counseling Ethnic International Counseling and Multicultural Issues Program Applications and Integrative Reviews from Counseling and ...