Pembelajaran yang dilakukan di dalam perkuliahan sangat memerlukan beragam sumber belajar gunameningkatkan kemampuan mahasiswa menjadi lebih baik. selama ini perkuliahan biasanya pembelajaranhanya menggunakan sumber belajar yang tidak banyak variasinya dan cenderung menggunakan satusumber saja, sehingga hasil belajar mahasiswa tidak maksimal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuanuntuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa menjadi semakin baik khususnya pada keterampilankomunikasi, kognitif dan sikap di Universitas Bina Bangsa. Penerapan modul dalam pembelajarandilakukan dengan rancangan eksperimental semua (quasi eksperiment) kemudian hasilnya dianalisis secaradeksiptif dengan uji statistik anakova menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwaketerampilan komunikasi, kemampuan kognitif, dan sikap mahasiswa mengalami peningkatan.Berdasarkan uji statistik yang didapat dengan signifikansi 0,000 lebih kecil dari alpha 0,05 (α<0,005)sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan pencapaian keterampilan komunikasi, kognitif, dan sikapmahasiswa antara di kelas kontrol dengan perlakuan. Hanya saja berdasarkan nilai gain skor, penggunanmodul ajar berbasis masalah terhadap keterampilan komunikasi (0,17) dan sikap mahasiswa (0,24) beradapada rentang ≤0,3 yang berarti efektifitasnya rendah, sementara pada aspek kognitif (0,54) berada padarentang 0,3 ≤ g ≤ 7 yang nilai keefektifaannya sedang.
Copyrights © 2024