LOKAKARYA
Vol 3, No 2 (2024)

Kajian Deskriptif Pendekatan Konstruktivisme Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Hidayah Nasution, Hijrah (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Putri Siregar, Machrani Adi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Siregar, Yulia Anita (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)
Hasratuddin, Hasratuddin (Universitas Negeri Medan)
Sinaga, Bornok (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran matematika mendorong siswa untuk mengaitkan konsep-konsep baru dengan pengetahuan yang sudah mereka miliki. Sementara itu, melalui model kooperatif, siswa dapat berdiskusi, berbagi ide, dan saling mengoreksi pemahaman mereka. Beberapa manfaat dari penerapan model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran matematika meliputi peningkatan pemahaman konsep matematis. Siswa lebih mudah memahami konsep abstrak matematika ketika mereka bisa mendiskusikannya dan melihat perspektif teman-teman mereka. Meningkatkan keterlibatan siswa, yakni kerjasama dalam kelompok dapat memotivasi siswa untuk lebih terlibat aktif dalam proses belajar. Membantu siswa yang lebih lambat di dalam kelompok, dimana siswa yang kesulitan bisa mendapatkan bantuan dari teman-teman mereka, sehingga pemahaman konsep yang mereka dapatkan lebih meningkat. Dengan pendekatan konstruktivisme melalui penerapan model pembelajaran kooperatif pada materi Pengumpulan dan Penyajian Data kepada siswa Kelas IV SD Negeri 064014 Tahun Ajaran 2024/2025 terbukti dapat menanamkan pemahaman konsep matematis siswa dengan baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lokakarya

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

LOKAKARYA Journal published by PPG of Tarbiyah Science and Teacher Training Faculty, State Islamic University of North Sumatera Medan, Medan City, North Sumatera Province,Indonesia This journal focuses on scholarly writing and articles of Tarbiyah science, Education and Islamic studies in the form ...