Vocational : Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan
Vol. 4 No. 2 (2024)

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI ORGANISASI ROHANI ISLAM: STUDI DI SMK AL IHSAN SUKANEGARA

NAWAWI, MUHAMAD LATIF (Unknown)
MAULIDIN, SYARIF (Unknown)
NURKHOLIK, AHMAD (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2024

Abstract

Character education in schools plays a crucial role in shaping students' behavior, particularly in enhancing their awareness of environmental issues. This study aims to explore the implementation of character education through the Rohis organization at SMK Al Ihsan Sukanegara and its impact on students' character, especially in terms of cleanliness and environmental conservation. A qualitative approach was used, with data collected through observation, interviews, and documentation involving students, Rohis mentors, and the school principal. The findings indicate that activities carried out by Rohis, such as environmental cleanliness programs and tree planting, effectively integrate religious teachings about cleanliness into practical school activities. However, a major challenge identified is students' inconsistency in maintaining cleanliness outside formal activities. The study concludes that character education based on religion through Rohis can raise students' awareness of the importance of cleanliness and environmental sustainability. Future prospects for this program involve the active involvement of families and communities, as well as the need for regular evaluations to ensure its continuity. In conclusion, character education that integrates environmental awareness can foster a generation that is more concerned with the earth and responsible for its preservation. ABSTRAKPendidikan karakter di sekolah memiliki peran penting dalam membentuk perilaku siswa, terutama dalam meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali penerapan pendidikan karakter melalui organisasi Rohis di SMK Al Ihsan Sukanegara dan dampaknya terhadap karakter siswa, khususnya dalam hal kebersihan dan pelestarian lingkungan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data dari siswa, guru pembimbing Rohis, dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh Rohis, seperti program kebersihan lingkungan dan penanaman pohon, efektif dalam mengintegrasikan ajaran agama tentang kebersihan dengan kegiatan nyata di sekolah. Meskipun demikian, tantangan utama adalah ketidakkonsistenan siswa dalam menjaga kebersihan di luar kegiatan formal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan karakter berbasis agama melalui organisasi Rohis dapat meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian alam. Prospek pengembangan program ini di masa depan melibatkan peran keluarga dan masyarakat serta perlu adanya evaluasi berkala untuk memastikan keberlanjutannya. Dengan demikian, pendidikan karakter yang mengintegrasikan kepedulian terhadap lingkungan dapat menciptakan generasi yang lebih peduli terhadap bumi dan bertanggung jawab atas kelestariannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

vocational

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan Pendidikan ...