Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis konsep dan nilai-nilai rahmatan lil alamin yang saat ini wajib diterapkan pada pembelajaran karena bagian dari kurikulum Merdeka (PPRA) bersama dengan P5. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yakni studi literatur. Tahapan penelitian dilakukan mulai dari pengumpulan data, reduksi artikel, display artikel, pembahasan dan Kesimpulan. Sumber data penelitian berupa artikel-artikel jurnal nasional dalam 5 tahun terakhir (2019-2024). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 20 artikel yang ditemukan, terdapat 9 artikel yang sesuai dengan topik judul. Konsep Islam Rahmatan Lil Alamin dalam pendidikan bertujuan untuk membangun hubungan yang baik, toleran, dan penuh kasih antara manusia serta menjaga alam dengan penuh perhatian. Pendidikan Islam harus didasarkan pada iman kepada Allah dan mengajarkan tanggung jawab individu sebagai bagian dari masyarakat dan alam. Pendidikan ini berusaha membentuk siswa yang peduli dan siap menciptakan keharmonisan di tengah keragaman dengan mengintegrasikan nilai-nilai kasih sayang dan toleransi dalam kurikulum. Hal ini dapat mengurangi munculnya masalah kenakalan remaja karena adanya pendidikan karakter siswa. Hasil penelitian ini dapat dijadikan wawasan tambahan untuk pembaca atau guru terkait konsep islam rahmatan lil alamin dalam Pendidikan Agama Islam dan guru senantiasa menerapkan konsep ini pada pembelajaran agama islam.
Copyrights © 2024