Equals : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 7 No 2 (2024): Equals: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Analisis Kemajuan Kemampuan Dasar dalam Pembelajaran Aljabar Linear Lanjut Bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi

Nasrullah, Nasrullah (Unknown)
Khadijah, Khadijah (Unknown)
Liani, Ahyani Mirah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2024

Abstract

Mempersiapkan mahasiswa agar memiliki kemampuan dasar suatu konsep menjadi tujuan pembelajaran di perguruan tinggi. Kemampuan dasar mahasiswa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan lanjutannya. Oleh karena itu, kemajuan kemampuan dasar dianggap sebagai variabel penting dalam proses pembelajaran. Pentingnya kemampuan dasar ini, mengarahkan kita untuk mencari tahu apakah kegiatan perkuliahan yang diberikan kepada mahasiswa mengarahkan mereka untuk mengembangkan dengan baik kemampuan dasar tersebut? Di dalam penelitian ini, dianalisis kemampuan dasar suatu konsep khususnya konsep Aljabar Linear Lanjut, dan instruksi yang mendukung pembelajaran kemajuan kemampuan dasar Aljabar Linear Lanjut. Jenis penelitian ini menggunakan metode mixed method dengan subjek penelitian yaitu 3 orang mahasiswa semester 5 pada program studi pendidikan matematika. Analisis kuantitatif menggunakan N-Gain untuk mengukur kemajuan kemampuan dasar subjek, serta analisis kualitatif terhadap hasil tugas dan proyek pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat kemajuan kemampuan dasar Aljabar Linear Lanjut, terdapat 67 % mahasiswa yang sudah mencapai Level 3, yaitu tingkat analisis mendalam. Mahasiswa mampu menganalisis bagaimana bentuk vektor yang memenuhi aksioma sehingga termasuk dalam ruang vektor umum, bagaimana subruang-subruang vektor, memahami mengapa dimensi memiliki sifat-sifat tertentu, dan bagaimana vektor yang bergantung linear dapat menjadi vektor yang bebas linear.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

equals

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

Jurnal Equals: Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika, memuat artikel berupa hasil pemikiran, studi pustaka atau penelitian yang berkaitan dengan perkembangan bidang ilmu pendidikan matematika dan belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain. ...