Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 8 No. 2 (2024): Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan

Deskripsi Kesulitan Belajar Matematika Siswa dalam Merencanakan dan Menerapkan Prinsip Matematika Pada Materi Pecahan

Landu, Nurfita (Unknown)
Usman, Patima M (Unknown)
Nihayah, Elok Faik Khotun (Unknown)
Puspapratiwi, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar matematika siswa dalam merencanakan dan menerapkan prinsip matematika pada materi pecahan bentuk soal cerita. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan awal matematika, tes kemampuan pemecahan masalah matematika, dan pedoman wawancara. Subjek yang diambil sebanyak 3 orang siswa dengan kriteria kemampuan siswa rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek 1 dan subjek 3 masih keliru dalam merencanakan dan menerapkan prinsip matematika dalam menyelesaikan soal. Kesulitan belajar yang dialami subjek 1 dan subjek 3 adalah: 1) Kesulitan belajar konsep matematika, 2) Kesulitan belajar prosedural matematika, dan 3) Kesulitan belajar prinsip matematika. Sedangkan subjek 2 masih kurang tepat dalam menerapkan prinsip matematika dalam menyelesaikan soal. Kesulitan belajar yang dialami oleh subjek 2 adalah: 1) Kesulitan belajar prosedural matematika, dan 2) Kesulitan belajar prinsip matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

linear

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Hasil riset bidang ilmu pendidikan dan pembelajaran yang meliputi ilmu pendidikan matematika, pendidikan kewarganegaraan dan pancasila, dan ilmu pendidikan bimbingan dan ...