Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran inovatif dalam meningkatkan kreativitas anak. Dengan menggunakan metode penelitian yakni penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas B dengan jumlah anak 20 di TK Islam NW Leming Terara di semester genap 2023/2024. Model PTK yang digunakan yaitu model spiral dari Kemmis dan MC Taggart dengan prosedur penelitian terdiri dari 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif komparatif yaitu dengan membandingkan kreativitas belajar peserta didik dari pra siklus dan siklus. Berdasarkan hasil observasi dapat dilihat bahwa pada tahap prasiklus terdapat 7 peserta didik yang berkembang sangat baik (BSB) dengan persentase sebesar 35% dari 20 peserta didik, sedangkan pada siklus I terdapat 10 peserta didik yang berkembang sangat baik (BSB) dengan persentase 50% dari 20 peserta didik, dan pada siklus II terdapat 18 peserta didik yang berkembang sangat baik (BSB) dengan persentase 90% dari 20 peserta didik, dengan KKM 75%. Maka siklus II dianggap tuntas karena sudah diatas rata-rata. Peningkatan kreativitas belajar siswa disebabkan karena pemberian tindakan berupa pembelajaran yang didesain dengan menggunakan pendekatan project based learning.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024