Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Macromedia Flash dalam bidang bimbingan dan konseling. Metode yang digunakan adalah research and development (R&D). Lokus penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Adimulyo, Kabupaten Kebumen. Peneliti menggunakan subjek ahli dan subjek uji coba lapangan untuk menguji kelayakan aplikasi Macromedia Flash. Peneliti menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif dalam penelitian ini. Analisis data kualitatif dilakukan untuk memperoleh saran perbaikan dari ahli materi dan ahli media, sedangkan analisis data kuantitatif dilakukan untuk menguji efektivitas Macromedia Flash dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang layanan bimbingan dan konseling. Dari hasil analisis kualitatif diperoleh masukan dari para ahli bahwa perlu adanya perbaikan pada pewarnaan background, font harus disesuaikan dengan ruang, dan masukan sumber referensi pada video YouTube yang digunakan. Sedangkan dari hasil analisis kuantitatif diperoleh nilai t = 14,295 dengan taraf Sig. = 0,000; Artinya ada perbedaan pemahaman layanan bimbingan dan konseling siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan Macromedia Flash. Berdasarkan hasil kedua analisis tersebut dapat disimpulkan pengembangan aplikasi Macromedia Flash dalam penelitian ini layak digunakan guru BK dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling.
Copyrights © 2024