Journal of Education Research
Vol. 5 No. 4 (2024)

Pengaruh Brand Image dan Kualitas Tenaga Pendidik terhadap Keputusan Calon Siswa Melanjutkan Studi

Fauzie, Nadya Amri (Unknown)
Abidin, Munirul (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2024

Abstract

Brand image merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam setiap lembaga pendidikan sebab hal ini merupakan salah satu upaya untuk mengukur kualitas lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Hal tersebut juga didukung oleh kemampuan kinerja guru sebagai Sumber Daya Manusia dalam lembaga Pendidikan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh antara brand image sekolah dan kinerja tenaga pendidik terhadap keputusan calon siswa melanjutkan studi di SMP Darul Faqih Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan sumber data berupa hasil angket yang disebarkan kepada responden yakni siswa kelas 7 Angkatan 2022/2023 sejumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian melalui uji F Anova dan uji koefisiensi R Square menunjukkan bahwa brand image dan kualitas tenaga pendidik di SMP Darul Faqih dapat mempengengaruhi keputusan calon siswa memlilih SMP Darul Faqih untuk melanjutkan studi. Adanya Brand image dan kualitas tenaga pendidik dapat dijadikan sebagai nilai keunggulan sekolah untuk meningkatkan daya saing dalam ranah industri pendidikan. Penelitian ini juga mengungkap adanya korelasi antara brand image dan kualitas tenaga pendidik dengan keputusan siswa. Semakin berkualitas tenaga pendidik yang disediakan SMP Darul Faqih mampu meningkatkan minat calon siswa untuk mendaftar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...