Journal of Education Research
Vol. 5 No. 4 (2024)

Analysis of Differences in Perceptions of Lecturers and Students Regarding The Advantages and Challenges of Using Learning Management System

Parsada, Pratama Dahlian (Unknown)
Judijanto, Loso (Unknown)
Soenhadji , Iman Murtono (Unknown)
Wuwur, Dewi Anastasia Ipah (Unknown)
Susanti, Melly (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2024

Abstract

Perubahan dari sistem pembelajaran luring ke daring telah membawa dampak signifikan pada manajemen pembelajaran di berbagai institusi pendidikan, termasuk sekolah dan universitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan persepsi antara dosen dan mahasiswa mengenai kelebihan dan tantangan dalam penggunaan Learning Management System (LMS) di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Desain penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan pendekatan survei deskriptif. Sampel penelitian terdiri dari 150 dosen/staf akademik dan 250 mahasiswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner online yang telah divalidasi dengan uji Cronbach's alpha, dan analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik deskriptif serta uji-t dengan bantuan perangkat lunak IBM SPSS Statistics versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen/staf dan mahasiswa memiliki pandangan yang berbeda mengenai kelebihan dan tantangan LMS. Dosen cenderung lebih menyadari manfaat penggunaan LMS dibandingkan mahasiswa, dengan nilai rata-rata kelebihan sebesar 3.36 bagi dosen dan 2.97 bagi mahasiswa. Tantangan yang dihadapi dosen dalam penerapan LMS, seperti kendala konektivitas dan kurangnya kompetensi digital, juga lebih terasa dibandingkan tantangan yang dirasakan oleh mahasiswa (nilai rata-rata tantangan: 3.39 bagi dosen, 2.95 bagi mahasiswa). Rekomendasi dari penelitian ini meliputi peningkatan pelatihan keterampilan digital bagi dosen dan mahasiswa serta pengadaan infrastruktur teknologi yang lebih baik untuk mendukung pembelajaran daring. Recommendations from this study include improving digital skills training for lecturers and students as well as providing better technology infrastructure to support online learning.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...