Journal of Education Research
Vol. 5 No. 4 (2024)

Buku Cerita Bergambar Berbasis Ketahanan Pangan bagi Siswa SD Kelas Rendah

citraningrum, Dina Merdeka (Unknown)
Oktarini, Widya (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Ada kebutuhan mendesak untuk meningkatkan pengetahuan siswa sekolah dasar tentang ketahanan pangan, sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengatasi kebutuhan itu. Buku cerita bergambar adalah cara yang bagus untuk mengajarkan anak-anak tentang ketahanan pangan. Dengan demikian, penelitian ini diantisipasi untuk memainkan peran dalam menyajikan gagasan tentang ketahanan pangan dan berfungsi sebagai sumber daya pendidikan yang bermanfaat. Penelitian dan Pengembangan adalah strategi penelitian yang didasarkan pada adaptasi Borg dan Gall. Para ahli dalam media, konten, pendidikan, dan kelompok kecil siswa semuanya berkontribusi pada proses validasi buku, yang bertujuan untuk menjamin bahwa buku tersebut dapat diakses oleh berbagai siswa. Sampel acak anak-anak dari SD Jember Lor 3 digunakan untuk validasi. Usia siswa berkisar antara 7 hingga 9 tahun. Pertama, ada 90,2% validasi dari ahli media; kedua, 90,3% validasi dari ahli materi; ketiga, 90,7% validasi dari praktisi pendidikan; dan keempat, 90,3% validasi dari uji coba kelompok kecil. Temuan-temuan ini mendukung penggunaan buku cerita bergambar sebagai alat pengajaran yang layak untuk murid-murid sekolah dasar di kelas-kelas yang lebih rendah. Dengan menggunakan validasi dari (a) ahli media, (b) ahli materi, (c) praktisi pendidikan, dan (d) kelompok-kelompok kecil siswa, penelitian ini sebanding dengan (Timutiasari, 2016). Berbeda dari penelitian sebelumnya. Kisah-kisah yang digunakan dalam penelitian Buku Cerita Bergambar Berbasis Ketahanan Pangan sesuai dengan usia dan menggunakan bahasa yang sederhana, sehingga sangat relevan dengan anak-anak saat ini. Estetika, bahan, dan kualitas cetakan (a), bahasa (b), buku bergambar (c), dan buku pengayaan fiksi (d) semuanya merupakan bagian dari kelayakan penelitian; dan (2) temuan uji efektivitas buku cerita anak-anak untuk siswa kelas empat di sekolah dasar merupakan bagian dari metodologi penelitian. Hal ini layak untuk dikaji karena penelitian ini belum pernah dilakukan sebelumnya, khususnya di lokasi penelitian SD Jember Lor 3.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...