Pendidikan anak usia dini adalah program pertumbuhan yang ditujukan kepada anak-anak yang baru lahir hingga enam tahun yang dilakukan secara menyeluruh serta mencakup semua aspek perkembangan, memberikan intervensi perkembangan yang membantu anak tumbuh dan berkembang secara optimal, terutama dalam hal kemampuan menyelesaikan masalah anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode eksperimen mempengaruhi kemampuan penyelesaian masalah anak usia dini dalam pembelajaran sains (hujan pelangi) di TK Ar Rasyid Kecamatan Kaliwates. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pre-test dan post-test. Penelitian melibatkan seluruh siswa kelompok B TK Ar Rasyid di Kecamatan Kaliwates. Metode pengumpulan data menggunakan pengamatan dan rekaman. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh dari metode Eksperimen pada pembelajaran sains anak usia dini dibuktikan dengan hasil sig 0,00 < 0,05 dan nilai t hitung negatif -5.495. Dengan demikian temuan ini menunjukkan bahwa metode eksperimen memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan problem solving anak usia dini
Copyrights © 2024