Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media kartun berbasis cerita rakyat Mbojo pada mata pelajaran bahasa Indonesia untuk siswa kelas X SMAN 1 Dompu. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) yang berjenis pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 6 prosedur pengembangan. sampel penelitian adalah 24 siswa kelas X di SMA Negeri 1 Dompu. Penelitian ini menggunakan tiga validator ahli yaitu ahli materi, ahli Bahasa dan ahli media. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket dan soal tes. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket yang berjenis skala likert dan soal tes yang berjenis esai. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan aplikasi SPSS vs 29.0. Penelitian memperoleh hasil validasi ahli media memperoleh nilai 77.33333% kategori sangat layak. Hasil validator ahli dari ahli Bahasa 97.5% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan sangat layat untuk digunakan. Implementasi media yang dilakukan pada siswa memperoleh hasil analisis data menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai Two-Sided p kurang dari 0,001 (< 0,001). Yang menunjukkan bahwa nilai Two-Sided p lebih kecil dari nilai signifikansi 0,05 (0,001 < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan dari nilai pre-test dan post-test hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh dan perbedaan penggunaan media kartun berbasis cerita rakyat Mbojo terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Dompu
Copyrights © 2024