Journal of Education Research
Vol. 5 No. 4 (2024)

Menjadi Guru Profesional: Pandangan, Harapan, dan Tantangan bagi Mahasiswa PPG

Hardika, Hardika (Unknown)
Iriyanto, Tomas (Unknown)
Aisyah, Eny Nur (Unknown)
Maningtyas, Rosyidamyani Twinsari (Unknown)
Utamimah, Sri (Unknown)
Setiyono, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2024

Abstract

Guru yang profesional merupakan salah satu pilar penting dalam peningkatan kualitas pendidikan. Menjadi guru profesional tidak hanya menuntut penguasaan pengetahuan dan keterampilan pedagogis, tetapi juga menuntut komitmen terhadap pengembangan diri dan kemampuan menghadapi berbagai tantangan. Penelitian ini berupaya mengeksplorasi pandangan, harapan, dan tantangan yang dihadapi oleh 34 mahasiswa dan alumni Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam perjalanan mereka menuju profesi guru profesional. Berdasarkan hasil wawancara mendalam, observasi partisipan, dan analisis dokumen, ditemukan bahwa mahasiswa PPG memiliki pandangan optimis terhadap peran guru dalam membentuk masa depan bangsa, namun juga menghadapi berbagai kendala, baik dari segi akademik, praktik lapangan, hingga sistem pendidikan itu sendiri. Hasil penelitian ini juga menyoroti harapan mahasiswa terhadap dukungan institusi pendidikan dalam membantu mereka menjadi guru yang kompeten, serta mengidentifikasi strategi-strategi yang dapat dilakukan untuk mengatasi tantangan tersebut. Melalui pendekatan humanis, hasil penelitian ini menggarisbawahi pentingnya dukungan psikologis dan motivasi dalam proses pembelajaran menjadi guru, serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan profesionalisme guru di masa depan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...