Guru yang profesional merupakan salah satu pilar penting dalam peningkatan kualitas pendidikan. Menjadi guru profesional tidak hanya menuntut penguasaan pengetahuan dan keterampilan pedagogis, tetapi juga menuntut komitmen terhadap pengembangan diri dan kemampuan menghadapi berbagai tantangan. Penelitian ini berupaya mengeksplorasi pandangan, harapan, dan tantangan yang dihadapi oleh 34 mahasiswa dan alumni Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam perjalanan mereka menuju profesi guru profesional. Berdasarkan hasil wawancara mendalam, observasi partisipan, dan analisis dokumen, ditemukan bahwa mahasiswa PPG memiliki pandangan optimis terhadap peran guru dalam membentuk masa depan bangsa, namun juga menghadapi berbagai kendala, baik dari segi akademik, praktik lapangan, hingga sistem pendidikan itu sendiri. Hasil penelitian ini juga menyoroti harapan mahasiswa terhadap dukungan institusi pendidikan dalam membantu mereka menjadi guru yang kompeten, serta mengidentifikasi strategi-strategi yang dapat dilakukan untuk mengatasi tantangan tersebut. Melalui pendekatan humanis, hasil penelitian ini menggarisbawahi pentingnya dukungan psikologis dan motivasi dalam proses pembelajaran menjadi guru, serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan profesionalisme guru di masa depan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024