Tujuanpenelitianini untukmengetahuikelayakan perangkat pembelajaran tematik berbasis etnosains untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan karakter budayapesertadidik pelajaran IPA SD. Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangandengan model pengembanganNieveens yang terdiri dari reviewliteratur, merancangpetunjukdesain, evaluasisumatif,menuliskankeseluruhanstudi dan dokumentasi. Kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan diukur melalui analisis validitas. Penilaian validitas produk menggunakan angket validasi yang dibagikan kepada ahli dengan menggunakan 2 validator ahli. Data hasil validasi pengembangan perangkat pembelajaran diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data angket dengan menggunakan skor skala Likert empat tingkat 1, 2, 3, dan 4. Rumus yang digunakan untuk menghitung ContentValidity (V) adalah rumus Aiken’s V. Aspek kelayakan yang dinilai dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan ini yaitu, isi, bahasa, dan konstruk. Penelitianini menghasilkan produk perangkata pembelajaran tematik berbasisetnosains untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan karakter budaya pesertadidik pelajaran IPA SD. Perangkat pembelajaran tematik berbasis etnosains dalam penelitian ini merupakan soalketerampialan proses sains, angket karakter budaya dan LKPD IPA tematik yangmengintegrasikan beberapa materi yang memuat nilai kearifan lokal, budaya, lingkungan, danBahasa. Penelitian ini menghasilkan rata-rata kelayakan 0,96 dikategorikan sangat layak. Kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dari masing-masing aspek yaitu aspek isi sebesar 0,93 dengan kategori sangat layak, aspek bahasa sebesar 0,97 dikategorikan sangat layak dan aspek konstruk sebesar 1,00 yang dikategorikan sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran tematik berbasis etnosainsyang dikembangkan memenuhi kriteria pengembangan produk berkualitas yang layak.
Copyrights © 2022