Journal of Classroom Action Research
Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024

Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik

Yanto, Indra (Unknown)
Donna Boedi Maritasari (Unknown)
Yul Alfian Hadi (Unknown)
Baiq Nurlaela Hardiana (Unknown)
Husnul Khotimah (Unknown)
Nurfaujiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2024

Abstract

Karakter siswa perlu ditingkatkan lagi. Hal ini dapat dilihat terkait banyakna kasus terkait dengan karakter siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak implementasi Profil Pelajar Pancasila terhadap pendidikan karakter pada peserta didik di SDN 2 Sekarteja. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Profil Pelajar Pancasila memiliki dampak positif terhadap pendidikan karakter peserta didik. Sebelum menerapkan profil pelajar pancasila peserta didik masih acuh tak acuh dalam bekerja sama, tidak berani berpendapat, dan tidak melakukan pembiasaan keagamaan seperti berdoa, shalat dhuha dan lain sebagainya, namun sejalan dengan penerapan profil pelajar pancasila peningkatan karakter peserta didik semakin meningkat dimana sikap kerja sama, berani berpendapat serta rutin melaksanakan pembiasaan shalat dhuha dan berdoa sebelum memulai pembelajaran dapat terlaksana dengan baik sehingga peningkatan karakter peserta didik dalam dimensi, beriman dan bertakqwa kepa Tuhan Yang Maha Esa, gotong royong, berkebhinekaan tunggal ika, mandiri, bernalar kritis dan kreatif dapat terbentuk.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...