Proses pembelajaran kurikulum merdeka belajar memiliki kebijakan untuk mengutamakan pembelajaran aktif melalui pengembangan kreativitas. Permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran matematika yang berkaitan dengan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan inovasi belajar siswa adalah komik digital sesuai dengan kurikulum berlaku. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis komik digital materi bangun datar memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan desain penelitian R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementatiom and Evaluation). Subjek peneitian ini adalah siswa kelas IV SDN 19 Woja sebanyak 15 orang siswa. Hasil validasi ahli media memperoleh skor 84% dan validator ahli materi memperoleh skor 93,18% masing-masing memperoleh kriteria sangat valid. Penilaian dari pengguna komik digital yaitu dari guru memperoleh nilai 98% dan dari peserta didik memperoleh nilai 96,41% masing-masing memperoleh kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran komik digital berbasis kearifan local sangat valid dan praktis untuk digunakan.
Copyrights © 2024