Journal of Education Research
Vol. 5 No. 4 (2024)

Implementasi Kurikulum Pendidikan Islam Madrasah WAK Tanjong Al Islamiyah di Singapura

Nahwiyah, Sopiatun (Unknown)
Helmiati, Helmiati (Unknown)
Nazir, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2024

Abstract

Sebagai negara maju, Singapura tentunya membutuhkan Sumber Daya Manusia yang memadai atau memiliki skill yang mumpuni salah satunya melalui pendidikan madrasah. Maka madrasah akan berkolaborasi dalam kebijakan-kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah Singapura tersebut, terutama pada bidang kurikulum yang diterapkan di madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum di Madrasah Wak Tanjong al Islamiah di Singapura menggunakan metodologi penelitian library research dengan menelaah buku, jurnal serta website resmi yang berkaitan dengan Madrasah Wak Tanjong al Islamiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum yang diterapkan di Madrasah Wak Tajong al Islamiah Negara Singapura adalah pendekatan separated curriculum atau kurikulum terpisah. Hal ini karena ada pengelompokan-pengelompokan pada mata pelajaran yang diterapkan di Madrasah Wak Tajong al Islamiah. Pada tingkat dasar, menengah dan pra universitas, diwajibkan mengikuti penialaian akhir yang ditetapkan oleh pemerintah seperti Primary School Leaving Examination, General Certificate of Education Ordinary Cambridge General Certificate of Education Advanced Level. Dengan ditetapkan penilaian oleh pemerintah maka kurikulum yang diterapkan oleh Madrasah harus menyertakan pelajaran umum yang setara dengan sekolah pemerintah. Terdapat tiga kelompok mata pelajaran yang diterapkan di Madrasah Wak Tanjong al Islamiah  yaitu mata pelajaran umum, mata pelajaran bahasa Arab dan mata pelajaran agama.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...