Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika soal cerita pada siswa kelas VIII SMPN 11 Mataram. Dengan penelitian quasi experimental dan pendekatan kuantitatif, tes kemampuan pemecahan masalah matematika hanya diberikan setelah pembelajaran atau desain posttest only control design. Menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan tes uraian, pembelajaran diberikan pada satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Melalui Analisis deskriptif dan uji-t dua sampel independen, hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru kelas eksperimen sebesar 96,15%, aktivitas siswa kelas eksperimen sebesar 90,15%, aktivitas guru kelas kontrol sebesar 94,74%, aktivitas siswa kelas kontrol sebesar 87,75%, rata-rata skor posttest kelas eksperimen sebesar 85,14, dan rata-rata kelas kontrol sebesar 78,86. Uji independen sampel t-tes menujukkan signifikansi (2-tailed) 0,21 < 0,05. Kesimpulan penelitian yang diperoleh yaitu model pembelajaran Think Talk Write (TTW) efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika soal cerita siswa kelas VIII SMPN 11 Mataram.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika soal cerita pada siswa kelas VIII SMPN 11 Mataram. Dengan penelitian quasi experimental dan pendekatan kuantitatif, tes kemampuan pemecahan masalah matematika hanya diberikan setelah pembelajaran atau desain posttest only control design. Menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan tes uraian, pembelajaran diberikan pada satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Melalui Analisis deskriptif dan uji-t dua sampel independen, hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru kelas eksperimen sebesar 96,15%, aktivitas siswa kelas eksperimen sebesar 90,15%, aktivitas guru kelas kontrol sebesar 94,74%, aktivitas siswa kelas kontrol sebesar 87,75%, rata-rata skor posttest kelas eksperimen sebesar 85,14, dan rata-rata kelas kontrol sebesar 78,86. Uji independen sampel t-tes menujukkan signifikansi (2-tailed) 0,21 < 0,05. Kesimpulan penelitian yang diperoleh yaitu model pembelajaran Think Talk Write (TTW) efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika soal cerita siswa kelas VIII SMPN 11 Mataram.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024