Journal of Classroom Action Research
Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024

Efektivitas Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Soal Cerita pada Siswa SMPN

Farianti, Ririn (Unknown)
Subarinah, Sri (Unknown)
Lu’luilmaknun, Ulfa (Unknown)
Amrullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika soal cerita pada siswa kelas VIII SMPN 11 Mataram. Dengan penelitian quasi experimental dan pendekatan kuantitatif, tes kemampuan pemecahan masalah matematika hanya diberikan setelah pembelajaran atau desain posttest only control design. Menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan tes uraian, pembelajaran diberikan pada satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Melalui Analisis deskriptif dan uji-t dua sampel independen, hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru kelas eksperimen sebesar 96,15%, aktivitas siswa kelas eksperimen sebesar 90,15%, aktivitas guru kelas kontrol sebesar 94,74%, aktivitas siswa kelas kontrol sebesar 87,75%, rata-rata skor posttest kelas eksperimen sebesar 85,14, dan rata-rata kelas kontrol sebesar 78,86. Uji independen sampel t-tes menujukkan signifikansi (2-tailed) 0,21 < 0,05. Kesimpulan penelitian yang diperoleh yaitu model pembelajaran Think Talk Write (TTW) efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika soal cerita siswa kelas VIII SMPN 11 Mataram.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika soal cerita pada siswa kelas VIII SMPN 11 Mataram. Dengan penelitian quasi experimental dan pendekatan kuantitatif, tes kemampuan pemecahan masalah matematika hanya diberikan setelah pembelajaran atau desain posttest only control design. Menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan tes uraian, pembelajaran diberikan pada satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Melalui Analisis deskriptif dan uji-t dua sampel independen, hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru kelas eksperimen sebesar 96,15%, aktivitas siswa kelas eksperimen sebesar 90,15%, aktivitas guru kelas kontrol sebesar 94,74%, aktivitas siswa kelas kontrol sebesar 87,75%, rata-rata skor posttest kelas eksperimen sebesar 85,14, dan rata-rata kelas kontrol sebesar 78,86. Uji independen sampel t-tes menujukkan signifikansi (2-tailed) 0,21 < 0,05. Kesimpulan penelitian yang diperoleh yaitu model pembelajaran Think Talk Write (TTW) efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika soal cerita siswa kelas VIII SMPN 11 Mataram.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...