Journal of Classroom Action Research
Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024

Efektivitas Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup

Sulastri , Mita Randani (Unknown)
Ramdani, Agus (Unknown)
Mertha, I Gde (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk untuk mengetahui efektivitas pendekatan jelajah alam sekitar terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas X MA Plus Nurul Islam Sekarbela. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimental dengan desain one group pre test-post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X sebanyak 2 kelas dan sampel yang digunakan sebanyak 1 kelas diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 12 soal. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan uji n-gain. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan n-gain menunjukkan bahwa nilai efektivitasnya sebesar 70.4 yang berarti tafsirannya sudah cukup efektif atau bisa diartikan penggunaan suatu model atau treatment sudah cukup efektif. sehingga dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh keefektifan pendekatan jelajah alam sekitar terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas X MA Plus Nurul Islam Sekarbela. Kata kunci: Efektivitas Pendekatan Jelajah Alam Sekitar, hasil belajar, klasifikasi makhluk hidup

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...