Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang melibatkan siswa sebagai pemecah masalah melalui masalah autentik, mencari solusi, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi dan kemampaun pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model PBL (Problem Based Learning) dengan bantuan media video terhadap kemampuan computational thinking siswa kelas XI MIA SMAN 9 Mataram. Jenis penelitian yaitu Quasy Eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Penleitian ini dilakukan di SMAN 9 Mataram Tahun Ajaran 2024 dengan populasi seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 9 Mataram.  Teknikengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling berdasarkan hasil uji kesetaraan sehingga diperoleh 2 kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Pemberian soal essay untuk mengukur kemampuan computational thinking, yang kemudian dianalisis menggunakan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah dilakukan uji prasyrat dilakukan uji hipotesis menggunakan uji analysis of covariance dengan bantuan SPSS 23 for windows dengan taraf signifikasi 0.05. Hasil penelitian menujukkan bahwa nilai signifikasi yang diproleh dari uji hipotesis adalah sebesar 0.000 > 0.05. Sehingga menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada penerapan model PBL berbantuan media video terhadap kemampuan computational thinking  siswa kelas XI MIA SMAN 9 Mataram.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024