Journal of Education Research
Vol. 5 No. 4 (2024)

Analisis Kemampuan Literasi Baca Tulis Siswa Kelas 1 SD Negeri 039/IX Tantan

Utami, Winda Sherly (Unknown)
Rahmawati, Desy Dwi (Unknown)
Ubaidillah, Rahma Nazi (Unknown)
Putri, Dea (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi baca tulis siswa kelas satu di SD Negeri 039/IX Tantan dan mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan literasi mereka. Melalui pendekatan kualitatif, ditemukan bahwa kemampuan literasi baca tulis siswa kelas 1 SD  Negeri 039/IX Tantan perlu ditingkatkan karena kedua siswa belum mencapai standar kompetensi dasar dalam bidang literasi baca tulis. Faktor-faktor seperti metode pengajaran yang kurang bervariasi dan kurangnya dukungan di rumah secara signifikan mempengaruhi pencapaian literasi. Hasil penelitian ini memiliki implikasi yang luas bagi praktik pembelajaran literasi di sekolah dasar. Sekolah perlu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, menyediakan bahan bacaan yang beragam dan menarik, serta menerapkan strategi pengajaran yang berpusat pada siswa. Selain itu, kolaborasi yang erat antara guru dan orang tua sangat penting untuk mendukung perkembangan literasi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...