Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik dalam meningkatkan toleransi beragama siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan One-Group Pretest-Postest Design. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gorontalo berjumlah 8 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu secara purposive sampling. Analisis data menggunakan uji t. hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest 110,88 dengan standar deviasi 4,121 dan nilai rata-rata posttest 119,25 dengan standar deviasi 4,590. Hasil pengujian hipotesis thitung > ttabel yaitu 10,768 > 1,90 dalam arti hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik dalam meningkatkan toleransi beragama siswa. Penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan toleransi beragama siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gorontalo, dapat diterima. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik dalam meningkatkan toleransi beragama siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gorontalo.
Copyrights © 2024