Jurnal Bahusacca
Vol. 5 No. 2 (2024): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan

PENGAKUAN DAN PENGHARGAAN MENDUKUNG PRESTASI BELAJAR SISWA: Pengakuan, Penghargaan, Prestasi Belajar, Teori Humanisme

Muzaimah, Laila Khansa' (Unknown)
Muhammad Fitrah Raffi Akbar (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan membahas tentang pentingnya pengakuan dan penghargaan terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu Literatur Review. Dengan tahapan mengidentifikasi, mengkaji, dan menafsirkan penelitian. Artikel Literatur Review menggunakan terbitan tahun 2020-2024 yang dapat diakses melalui Google Scholars. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesejahteraan psikologis siswa memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang positif dan mendukung perkembangan individu secara menyeluruh. Pengakuan dan penghargaan terhadap siswa menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis mereka. Penghargaan, baik dalam bentuk apresiasi verbal maupun non-verbal, mampu memotivasi siswa dan menciptakan suasana pendidikan yang inklusif dan adil. Melalui pendekatan yang konsisten dalam memberikan pengakuan dan dukungan, sekolah dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan pribadi dan potensi siswa secara optimal sehingga mencapai prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

BAHUSACCA

Publisher

Subject

Education Other

Description

BAHUSACCA adalah jurnal yang dikelola oleh prodi PGSD, memiliki ruang lingkup pendidikan dasar dan manajemen pendidikan yang merupakan hasil penelitian maupun kajian ilmiah peneliti/dosen/praktisi di lingkup Ilmu pendidikan dasar dan manajemen ...