Journal of Education and Instruction (JOEAI)
Vol. 7 No. 2 (2024): JOEAI (Journal of Education and Instruction)

Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Articulate Story Line 3 pada Mata Kuliah Media Fotografi

Yamanto Isa (Universitas Baturaja)
Yelmi Yunarti (Universitas Baturaja)
Edi Kurniawan (Universitas Baturaja)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Aplikasi Articulate StoryLine 3 Pada Mata kuliah Media Fotografi di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Baturaja. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D). Metode yang digunakan adalah metode prosedural dengan teknik pengumpulan data berupa analisis data. Dari hasil uji coba, ahli media memberikan nilai 85,7% dengan kategori “Baik”. Ahli desain memberikan nilai 83,28% dengan kategori “Baik”. Dan ahli materi memberikan nilai 86,5% dengan kategori “Baik”. Pada uji coba produk skala perorangan dengan objek penelitian 3 orang responden diperoleh nilai 85% dengan kategori “Baik”. Uji coba kelompok kecil dengan objek penelitian 6 orang responden memperoleh nilai 86,82% dengan kategori “Baik Sekali”. Kemudian dilakukan uji coba skala besar dengan objek penelitian 17 orang responden memperoleh nilai 84,09% dengan kategori “Baik”. Maka dapat peneliti simpulkan bahwa produk media evaluasi pembelajaran ini valid, dan layak untuk digunakan di lapangan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JOEAI

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Development: defining design specification to specific form, such as developing learning materials through learning materials, handout, learning tools including audio, visual, audiovisual. Equipment: empowering the process and learning source to achieve learning objective. Evaluation: starting from ...