Tadribuna: Journal of Islamic Management Education
Vol 5 No 1 (2024): Juli-Desember

Transformasi Lembaga Pendidikan Islam di Minangkabau: Peralihan dari Tradisional ke Modern dalam Perspektif Sejarah dan Dinamika Sosial

Nilma Yola (Unknown)
Amri, Mufti Ulil (Unknown)
Thania, Cut Ezha (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2025

Abstract

Tulisan ini bertujuan mengetahui bagaimana transformasi atau perubahan lembaga pendidikan Islam yang terdapat di wilayah Minangkabau mulai dari lembaga tradisional hingga modern. Adapun metode penelitian yang digunakan pada tulisan ini adalah metode penelitian sejarah dengan teknik pengumpulan data dari tinjauan kepustakaan. Setiap sumber yang diperoleh, akan dilakukan kritik sumber baik secara internal maupun eksternal. Kemudian, data yang sudah dikritisi dikelompokkan berdasarkan klasifikasi data masing-masing. Setelah itu dilakukan interpretasi data hasil penelitian dan dituliskan dalam bentuk paragraf serta dilakukan analisis terhadap data-data yang kredibilitas untuk digunakan. Hasil dari penelitian ini ialah untuk mendapatkan pengetahuan tentang beberapa jenis lembaga pendidikan Islam yang terdapat di wilayah Minangkabau yakni dimulai dari lembaga surau, pesantren, madrasah, pondok pesantren tradisional hingga moderen, serta juga terdapat tiga universitas Islam negeri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tadribunajournals

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Tadribuna: Journal of Islamic Education Management adalah Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Islam yang mempublikasikan artikel ilmiah dan penelitian lapangan di bidang Manajemen Pendidikan Islam. Ruang Lingkup Jurnal Tadribuna meliputi: Modernisasi Pendidikan Islam Kebijakan Pendidikan Islam ...