Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya keterampilan berkomuniasi dijenjang pendidikan tinggi khususnya mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian ini merupakan kuantitatif yang bertujuan untuk menggambarkan secara jelas serta menjawab dengan detail salah satu permasalahan perkuliahan Keterampilan Berbahasa dan Sastra Indonesia pada prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang disebabkan kurangnya keterampilan berkomunikasi (communication skill) mahasiswa dalam aktivitas pembelajaran berbasis proyek. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, serta pencatatan dokumen. Hasil penelitian ini adalah perolehan skor rata-rata penggunaan bahasa memperoleh skor rata-rata 89 tinggi, kejelasan berkomunikasi 88 tinggi, metode penyampaian memperoleh skor 74 sedang, kemampuan mengutarakan pendapat dan pertanyaan 85 tinggi, dan kemampuan memberikan jawaban 82 kategori tinggi. Simpulan kemampuan berkomunikasi mahasiswa memperoleh peningkatan. Saran pembelajaran keterampilan berbahasa dan sastra Indonesia dapat ditingkatkan dengan penelitian lanjutan dengan mengembangkan modul pembelajaran yang dapat diakses secara digital.
Copyrights © 2024