Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola interaksi guru dalam membentuk karakter kemandirian pada anak usia dini melalui tinjauan literatur. Kemandirian merupakan aspek penting dalam perkembangan anak usia dini yang memengaruhi kemampuan mereka dalam menghadapi tantangan dan mengambil inisiatif secara mandiri. Melalui analisis terhadap literatur yang relevan, artikel ini mengidentifikasi berbagai pola interaksi guru yang efektif dalam membantu anak usia dini membangun karakter kemandirian. Data yang diperoleh dari literatur akan dianalisis secara sistematis untuk mengidentifikasi pola-pola interaksi guru dalam membentuk karakter kemandirian pada anak usia dini. Dari hasil tinjauan literatur ini, dapat disimpulkan bahwa interaksi antara guru dan anak usia dini memainkan peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter kemandirian. Pola-pola interaksi yang efektif dan edukatif, seperti memberikan dukungan, memberikan tanggung jawab, dan membangun hubungan yang positif dengan anak-anak, memiliki dampak yang signifikan dalam membantu anak-anak mengembangkan kemandirian. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pendidik dan praktisi dalam merancang strategi pembelajaran yang mendukung pengembangan kemandirian anak usia dini.
Copyrights © 2024