PTK: Jurnal Tindakan Kelas
Vol. 5 No. 1 (2024): November 2024

Analisis Kesulitan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas Tinggi

Destini, Frida (Unknown)
Hariyanto (Unknown)
Syafrudin, Ulwan (Unknown)
Pangestu, Deviyanti (Unknown)
Nabila, Nila Amalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan kesulitan dalam membaca pemahaman yang dialami peserta didik di kelas tinggi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengkaji dan memaparkan kesulitan dalam membaca pemahaman yang terjadi pada peserta didik serta hal-hal yang memengaruhi kesulitan tersebut pada peserta didik kelas tinggi di UPTD SDN 1 Sumberejo. Penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan pendekatan kualitatif dengan sumber data yang meliputi peserta didik, pendidik serta orang tua dari peserta didik. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas tinggi di UPTD SDN 1 Sumberejo. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini mengaplikasikan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan dari penelitian yang telah dilaksanakan adalah terdapat peserta didik di kelas tinggi yang masih menghadapi kesulitan dalam memahami bacaan, yang tercermin melalui lima indikator utama kesulitan dalam membaca pemahaman. Faktor internal dan juga eksternal diidentifikasi sebagai penyebab utama hambatan dalam memahami bacaan tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ptk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PTK merupakan jurnal berbasis Penelitian yang berfokus pada bidang keilmuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Model Pendidikan Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Praktek Mengajar Pembelajaran .Jurnal PTK dikelola oleh Penerbit Cipta Media ...