JURNAL MUQODDIMAH : Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Hummaniora
Vol 8, No 2 (2024): Mei 2024

Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM UD. OYA Kota Gunungsitoli

Harefa, Nismen Gustav Hendra Kurniawan (Unknown)
Mendrofa, Yupiter (Unknown)
Telaumbanua, Eliagus (Unknown)
Buulolo, Nanny Artatina (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran . pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner dengan skala likert satu sampai lima. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen dariĀ  produk UMKM UD OYA Kota Gunungsitoli dengan 90 responden. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling dimana sampel yang dipilih sesuai ciri-ciri tertentu. Alat analisis penelitian menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan, inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja pemasaran. Dengan tingginya orientasi kewirausahaan (Inovatov, Proaktif, Keberanian Mengambil risiko) dan inovasi produk (Perluasan produk, Peniruan Produk, Produk baru) yang dimiliki maka akan lebih mudah meningkatkan kinerja pemasaran UMKM pada UD. OYA Kota Gunungsitoli.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

muqoddimah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Muqoddimah merupakan kumpulan penelitian ilmiah tentang Ilmu Sosial, khususnya yang berhubungan dengan disiplin Ilmu Sosial, Politik, Administrasi dan Humaniora, diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, tujuan pengembangan jurnal ...