Teknologi merupahkan alat atau perangkat yang tujuannya untuk membantu manusia dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Salah satu contohnya adalah gadget. Gadget adalah sebuah alat elektronik yang sering digunakan oleh banyak orang di masa saat ini. Gadget ini sangat populer karena bisa membantu kita dalam berkomunikasi, mencari informasi, atau bahkan bermain game. Tujuan penelitian adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan terkait dampak yang ditimbulkan oleh adiksi/kecanduan gadget, serta menjelaskan intervensi yang tepat untuk mengatasi perilaku adiksi/kecanduan gadget pada remaja. Metode dalam penelitian ini studi kepustakaan, dimana peneliti telah mencari literatur artikel jurnal yang berkaitan dengan dampak dan intervensi adiksi gadget pada remaja dalam rentang waktu (2020-2024). Hasil yang diperoleh dari analisis berbagai penelitian yang memaparkan bahwa kecanduan gadget tidak hanya memperburuk kesehatan mental, tetapi juga berimplikasi pada perilaku sosial dan pola asuh. Intervensi mindfulness memiliki peran penting dalam menurunkan tingkat kecanduan gadget pada remaja, yang menunjukkan bahwa pendekatan psikologis dapat membantu mengatasi masalah ini. Kata Kunci: Adiksi; Dampak; Gadget
Copyrights © 2024