Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, hambatan-hambatan, dan usaha guru dalam mengatasi hambatan pembelajaran menulis prosedur teks dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media flipbook di SD. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber datanya dari dokumen, narasumber, peristiwa dan tempat. Data berupa informasi dan dokumen perencanaan, pelaksanaan, hambatan-hambatan, dan usaha mengatasi hambatan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi berperan, dan analisis dokumen. Teknik validitas data berupa triangulasi teknik dan sumber. Analisis data berupa reduksi, sajian data, dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) perencanaan pembelajaran dilaksanakan guru dengan membuat perangkat terbuka. 2) Eksekusi pembelajaran menggunakan sintaks PBL dan media flipbook . 3) Hambatan-hambatan berupa perhatian guru belum menyeluruh, kesiapan peralatan, dan kecepatan mengerjakan soal yang berbeda-beda. 4) Usaha guru dengan memberi soal dan memotivasi, menjelaskan tugas secara rinci, tutor teman sebaya, mendampingi, memfokuskan siswa dan menguji waktu pengerjaan. Hasil akhir membuktikan model PBL dengan media flipbook mempengaruhi hasil belajar siswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024