DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora
Vol 11 No 2 (2024): Oktober

INOVASI MADRASAH DALAM MENINGKATKAN BRANDING PENDIDIKAN ISLAM MELALUI KURIKULUM TERPADU

Hotimlana, Hotimlana (Unknown)
Hidayah, Ulil (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini menyoroti kebutuhan dari dunia pendidikan terhadap branding sekolah yang sekaligus upaya memenuhi stakehoder guna mencapai harapan pendidikan ideal yang diharapkan. Inovasi masdrasah menjadi sebuah strategi yang perlu disiapkan dan diterapkan guna menyesuaikan dengan realitas dan idealitas pendidikan di era modern. Madrasah yang tidak hanya berfokus pada pengembangan intelektual, tetapi juga menekankan pada kecerdasan emosional dan spiritual. Metodologi penelitian ini adalah studi kasus pada lembaga madrasah Tsanawiyah Zainul Falah dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan model inovasi berbasis keterpaduan kurikulum dengan menambhakan waktu dan materi pelajaran sesuai kebutuhan peserta didik di Madrasah. Penerapan kurikulum ini mendapat dukungan dari masyarakat dan memberikan dampak signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam di madrasah. Sebagai hasilnya, siswa tidak hanya menguasai pemahaman agama yang mendalam serta pengembangan karakter yang kuat, sehingga memperkuat citra sekolah sebagai lembaga pendidikan Islam yang unggul.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dar

Publisher

Subject

Education Other

Description

DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan, dan Humaniora diterbitkan oleh Fakultas Agama Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. Terbit pada bulan April dan Oktober setiap tahun. DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan, dan Humaniora memuat kajian-kajian ilmiah tentang pemikiran ...