Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan pembentukan pendidikan karakter dan nilai-nilai karakter yang diterapkan di MTs Tahfidh Putri Yanbu'ul Qur'an 2 Muria Kudus. Pendidikan karakter adalah upaya untuk mengajarkan siswa kebiasaan yang baik sehingga mereka dapat berperilaku dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai yang telah menjadi kepribadiannya. Guru digugu dan ditiru. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang merupakan jenis studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dijamin melalui triangulasi antara sumber dan teknik yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter sudah sesuai dengan pelaksanaan, perencanaan, dan nilai pembelajaran karakter. Ada lima nilai karakter. Pembentukan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua dan guru tidak mendorong anak-anak untuk mencerminkan karakter yang baik di sekolah mereka. Ini menunjukkan bahwa guru dan orang tua masih membutuhkan bantuan untuk membentuk pendidikan karakter siswa. Sekolah dan guru bekerja sama untuk memberikan pendidikan karakter kepada siswa.
Copyrights © 2024