Pembangunan prasarana transportasi darat merupakan salah satu program utama Pemerintah Provinsi Banten dalam mendorong pertumbuhan perekonomian. Pertumbuhan perekonomian yang disertai peningkatan jumlah penduduk, menyebabkan peningkatan jumlah kendaraan, peningkatan lalu lintas angkutan barang/jasa dan sebagainya, seperti fenomena halnya Jembatan sukadana yang terletak di kecamatan kasemen kota Serang. Jembatan ini merupakan sarana transportasi darat yang cukup penting dan sibuk, sebagai akses utama transportasi darat menuju kawasan sehingga perlunya menganalisis struktur bagian bawah jembatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa daya dukung struktur bawah, stabilitas serta penulangan dengan dimensi yang telah ditentukan. Dalam penganalisaan ini diperlukan data primer dan skunder yang harus dikumpulkan. Adapun metode pengumpulan data berasal hasil observasi, wawancara dan literature pendukung sebagai referensi,. Hasil dari analisa daya dukung tanah di dapatkan nilai Qult = 7,111 t/m3 dan Qall = 2,370 t/m3 lebih kecil dari kontrol tegangan. Hasil stabilitas abutment yang ditinjau pada saat waktu normal yaitu stabilitas terhadap geser = 6,370 t/m2, stabilitas terhadap gaya guling = 6,558 t/m2, dan stabilitas eksentrisitas = -0,237 t/m2. Penulangan dinding abutment menggunakan tulangan D 22 – 250 dengan tulangan bagi D 16 – 250. Penulangan footing abutment menggunakan tulangan D 19 – 250 dengan tulangan bagi D 16 – 250. Penulangan Wing Wall Abutment menggunakan tulangan D 19 – 125 dengan tulangan bagi D 13 – 125. Penulangan Plat Injak Abutment menggunakan tulangan D 16 – 250 dengan tulangan bagi D 13 – 250.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024