Literasi matematika dan pembelajaran berbasis masalah merupakan dua komponen vital dalam pendidikan. Keduanya dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Literasi matematika yang baik membantu siswa terampil dalam melakukan perhitungan dan mampu berpikir secara logis, kritis, dan kreatif saat menghadapi berbagai tantangan yang beragam. Penelitian ini bermaksud menyelidiki pengaruh penerapan literasi matematika dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Metodologi yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode studi literatur, dengan mengkaji berbagai literatur yang relevan mengenai kedua tema tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa literasi matematika dan pembelajaran berbasis masalah saling terkait erat dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Keduanya saling melengkapi dan berperan dalam memperdalam pemahaman siswa mengenai konsep-konsep matematika serta aplikasinya dalam kehidupan siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa literasi matematika dan pembelajaran berbasis masalah adalah pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa tingkat SMP dalam memecahkan masalah. Kata Kunci: Kemampuan pemecahan Masalah, Literasi Matematika, PBL
Copyrights © 2024