Gunungsitoli dan diperoleh bahwa hasil belajar siswa masih berkategori kurang dan bahan ajar yang digunakan masih terbatas. Pendidik juga jarang menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis teknologi Augmented Reality (AR) untuk materi matematika tingkat SMK. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4D, yang terdiri dari define, design, development, dan disseminate. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, angket validasi dan angket respon. Berdasarkan hasil penelitian, modul pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid baik dari segi materi, bahasa, dan media. Selanjutnya, modul pembelajaran juga sangat praktis dengan persentase kepraktisan pada tahap ujicoba sebesar 91%, pada tahap penyebaran sebesar 94%, dan persentase respon guru sebesar 91,42%. Modul pembelajaran juga sangat efektif dengan persentase ketuntasan klasikal pada uji kelompok besar sebesar 83,36% dan pada tahap penyebaran sebesar 90,60%. Dengan demikian, multimedia pembelajaran interaktif berbasis teknologi AR berupa modul pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi harapan atau tujuan penelitian. Kata Kunci: Multimedia, Augmented Reality (AR), Modul Pembelajaran, model 4D
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024