PROSIDING SEMINAR NASIONAL CENDEKIAWAN
Prosiding Seminar Nasional Cendekiawan 2015 Buku II

PENENTUAN PRIORITAS PERBAIKAN KUALITAS MELALUI PEMANFAATAN DATA INTERNAL PERUSAHAAN

Ronald Sukwadi (Unknown)
Mokh. Suef (Unknown)
Enny Widawati (Unknown)
Handoko Cahyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan atribut-atribut kualitas yang harus diperbaiki dan jugaprioritas perbaikannya. Awalnya dilakukan uji kesetaraan antara data internal perusahaan (complaint,claim, dan company envision) dengan hasil survai pelanggan melalui kuesioner Kano. Dari hasil ujikesetaraan, didapatkan bahwa complaint (keluhan) setara dengan atribut must be pada kategoriKano, claim (gugatan) setara dengan one dimensional, dan company envision setara dengan atributattractive. Oleh karena itu, data internal perusahaan ini dapat digunakan untuk menggantikan tekniksurvei. Selanjutnya, integrasi hasil dengan FMEA digunakan untuk menentukan prioritas atributkualitas. Kerangka penelitian ini diimplementasikan pada sebuah perusahaan manufaktur.

Copyrights © 2015