Biology and Education Journal (BaEJ)
Vol. 4 No. 2 (2024): Biology and Education Journal

Survei Bahan Ajar pada Pembelajaran Biologi di Kelas VII

Ayu, Anggi (Unknown)
Mellisa (Unknown)
Fauziah, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis bahan ajar yang paling sering digunakan oleh guru, serta menilai efektivitas dan relevansinya dalam meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan metode survei, dengan populasi yang terdiri dari guru biologi dan siswa kelas VII di SMP 4 Siak Hulu. Sampel penelitian dipilih melalui teknik simple random sampling untuk menentukan kelas sebagai responden. Instrumen penelitian berupa angket dan wawancara. Angket dirancang untuk mengumpulkan informasi mengenai jenis bahan ajar, frekuensi penggunaannya, dan relevansinya terhadap kurikulum. Wawancara dilakukan dengan guru untuk memperoleh wawasan lebih mendalam tentang penggunaan bahan ajar. Hasil angket menunjukkan bahwa mutu pendidikan di sekolah tersebut sudah berada pada tingkat yang memuaskan. Namun, terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki, salah satunya adalah keaktifan siswa. Melalui evaluasi menyeluruh dan perbaikan yang diperlukan, diharapkan mutu pendidikan dapat terus meningkat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

baej

Publisher

Subject

Education

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the Biology (nature science) and Biology Education. Biology and Education Journal particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of ...