JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
Vol. 9 No. 1 (2025): JATI Vol. 9 No. 1

PERANCANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA DASAR BERBASIS CONSTRUCT 3 DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP KONSEP MATEMATIKA SECARA EFEKTIF

Fachruroji, Fahmi (Unknown)
Auliana, Sigit (Unknown)
Untirtha Pratama, Gelard (Unknown)
Halim, Abdul (Unknown)
Dwiki Putra Aryono, Gagah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2025

Abstract

Penggunaan gamifikasi dalam pendidikan telah diakui sebagai metode efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa, khususnya dalam mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan game edukasi berbasis Construct 3 yang dirancang untuk siswa sekolah dasar. Game ini berfokus pada penguatan pemahaman konsep dasar matematika, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, melalui pendekatan yang menyenangkan dan interaktif. Pengembangan game mengikuti model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation), yang memastikan proses perancangan dilakukan secara sistematis. Elemen pembelajaran adaptif dan mekanisme umpan balik terintegrasi untuk menyesuaikan tingkat kesulitan dengan kemampuan siswa, sehingga memberikan pengalaman belajar yang optimal. Hasil pengujian awal menunjukkan bahwa siswa lebih termotivasi dan hasil belajar mereka meningkat secara signifikan dibandingkan metode pembelajaran tradisional. Game ini dirancang menggunakan Construct 3, sebuah platform berbasis HTML5 untuk pembuatan game 2D yang mudah digunakan karena mengadopsi mekanisme drag and drop tanpa memerlukan pemrograman kompleks. Proses pengembangannya melibatkan penambahan objek, penetapan sifat, serta penyusunan logika permainan menggunakan fitur kondisi dan aksi.Game ini menyajikan materi penjumlahan dan pengurangan dengan desain menarik, ceria, dan mudah dipahami oleh anak-anak. Melalui pendekatan ini, siswa dapat meningkatkan ketepatan dan kecepatan berhitung mereka sekaligus menikmati proses pembelajaran. Game edukasi ini diharapkan menjadi jembatan antara metode pembelajaran tradisional dan teknologi digital untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa dengan cara yang menyenangkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Adalah jurnal mahasiswa yang diterbitkan oleh Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Malang, sebagai media publikasi hasil Skripsi Mahasiswa Teknik Informatika ke khalayak luas, diterbitkan secara berkala 6 kali setahun pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, ...