Salah satu hal terpenting yang harus tertanam dalam benak seorang pembelajar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai adalah minat belajar. Hal ini perlu ditegaskan kembali bahwa tujuan pembelajaran peserta didik kelas IV.A. SDN 130 Palembang adalah untuk mengembangkan pembelajaran Bahasa Indonesia yang interaktif, kreatif, dan inovatif yang dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penggunaan games interaktif di dalam kelas. PTK dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pegamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa games edukatif interaktif dapat meningkatkan minat belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV.A SDN 130 Palembang. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator pembelajaran siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat berdasarkan hasil analisis lembar observasi dan angket minat belajar siswa yang menunjukkan bahwa 48% siswa memenuhi kriteria belajar baik pada semester I dan 73% memenuhi kriteria belajar sangat baik pada semester II.
Copyrights © 2024