Abstract. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Literasi Numerasi yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Proses pengembangan model mengacu pada model 4-D, yakni define, design, develop, dan disseminate. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tapango pada semester genap, Tahun Pelajaran 2023/2024. Uji coba terbatas dilakukan di Kelas X-B yang terdiri dari 30 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif mengenai kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan:(1) hasil penilaian Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Literasi Numerasi dari ahli media diperoleh persentase sebesar 91% dengan kategori sangat valid dan hasil penilaian Modul Ajar dari ahli materi diperoleh persentase sebesar 95% dengan kategori sangat valid; (2) hasil respons guru terhadap LKPD berbasis Literasi Numerasi diperoleh persentase sebesar 97% dengan kategori sangat praktis; 3) hasil observasi aktivitas peserta didik menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Literasi Numerasi diperoleh persentase sebesar 89% dengan kategori aktif dan memenuhi syarat efektif, hasil respons peserta didik terhadap Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Literasi Numerasi diperoleh persentase sebesar 84% dengan kategori baik dan memenuhi syarat efektif, serta rata-rata tes hasil belajar kognitif diperoleh persentase ketuntasan peserta didik mencapai 87% yang berarti memenuhi syarat efektif. Berdasarkan hasil analisis data dan kategori yang ditetapkan, dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Literasi Numerasi yang telah dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Keywords: Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik, Statistika, Literasi Numerasi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024