Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Munadzomah
Vol 4 No 1 (2024): Al Munadzomah

Strategi Efektif dalam Mengatasi Stres dan Burnout pada Pendidik dan Staf di Lingkungan Sekolah

Hasna Afifah (Unknown)
Mulyawan Safwandy Nugraha (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang jelas dan sistematis tentang strategi mengatasi stres dan burnout pada guru dan staf di lingkungan pendidikan. Penelitian ini berawal dari perhatian peneliti terhadap kondisi kesejahteraan psikologis guru dan staf di lembaga pendidikan, yang sering kali mengalami tekanan akibat beban kerja yang tinggi serta perubahan administrasi yang terus menerus. Stres dan burnout dapat mengganggu kinerja mereka, yang pada akhirnya berdampak pada kualitas pembelajaran dan kebahagiaan peserta didik. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menawarkan strategi yang efektif bagi guru dan staf dalam mengelola stres dan burnout. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi di SD Alfa Centauri Bandung. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi pada stres dan burnout, serta untuk menemukan solusi yang dapat diterapkan di lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang dapat membantu mengurangi stres dan burnout, antara lain: (1) Budaya organisasi yang mendukung kesejahteraan psikologis menjadi kunci utama dalam menciptakan lingkungan kerja yang sehat, (2) Pelatihan mengenai kesehatan mental yang dapat membantu guru dan staf untuk mengelola kondisi psikologis mereka agar tetap seimbang, dan (3) Pemberian reward atau penghargaan yang dapat menjadi motivasi positif dalam menjaga kesejahteraan serta kinerja mereka selama bekerja. Penelitian ini juga menekankan pentingnya manajemen stres dalam mencegah dampak negatif dari stres dan burnout terhadap kesejahteraan mental guru dan staf. Kesimpulan penelitian ini adalah menciptakan kesejahteraan psikologis melalui berbagai strategi yang tepat sangat penting untuk mendukung kesehatan mental guru dan staf di lingkungan pendidikan. Strategi tersebut tidak hanya bermanfaat bagi para pendidik itu sendiri, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan kepada peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-munadzomah

Publisher

Subject

Religion Education Physics Social Sciences

Description

Al-Munadzomah : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurnal ini menerbitkan artikel yang menarik bagi praktisi pendidikan, guru, pembuat kebijakan pendidikan, dan peneliti. Jurnal ini mencakup artikel penelitian, laporan penelitian asli, review ...