Penelitian ini fokus pada peran masyarakat, khususnya orang tua murid, dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Susukan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan komite sekolah, orang tua murid, dan pelaksana sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua sangat signifikan dalam pengambilan keputusan terkait penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan peningkatan sarana prasarana. Selain itu, orang tua aktif berpartisipasi dalam musyawarah untuk merumuskan kebijakan pendidikan, yang menciptakan hubungan harmonis antara sekolah dan masyarakat. Penelitian juga menemukan bahwa partisipasi orang tua dalam program-program luar kelas dan akreditasi sekolah berkontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Keterlibatan ini tidak hanya meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, tetapi juga memperkuat rasa kepemilikan orang tua terhadap pendidikan anak-anak mereka. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar sekolah terus mengembangkan forum diskusi untuk melibatkan orang tua dalam pengambilan keputusan. Selain itu, penting bagi pihak sekolah untuk meningkatkan komunikasi dan kolaborasi dengan masyarakat guna mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik.
Copyrights © 2024