Retorika adalah seni komunikasi yang penting bagi kepala madrasah di Madrasah Aliyah untuk mempengaruhi, meyakinkan, dan mengatasi konflik antar guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi retorika (ethos, pathos, logos) yang digunakan oleh kepala madrasah dalam mengatasi konflik antar guru. Metode penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka, melibatkan pengumpulan dan analisis literatur yang relevan dari jurnal-jurnal akademik, buku, dan sumber ilmiah lainnya yang terkait dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kepala madrasah untuk menciptakan lingkungan harmonis dapat menggunakan ketiga elemen retorika yakni ethos, pathos, dan logos. Ethos untuk membangun kepercayaan dan integritas, pathos untuk memperkuat empati dan solidaritas antar guru, dan logos untuk menyajikan argumen logis dalam mengatasi konflik di Madrasah Aliyah. Novelty penelitian ini terletak pada pengidentifikasian dan analisis penggunaan ketiga elemen retorika (ethos, pathos, logos) secara terpadu oleh kepala madrasah dalam mengatasi konflik antar guru di Madrasah Aliyah. Penelitian ini menawarkan perspektif baru dalam penerapan retorika sebagai alat kepemimpinan untuk menciptakan lingkungan madrasah yang harmonis dan produktif.
Copyrights © 2024