Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran sistem informasi manajemen (SIM) dalam meningkatkan mutu pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah literatur review dengan pendekatan analisis kualitatif. Data yang dikumpulkan meliputi artikel-artikel ilmiah dari berbagai jurnal terakreditasi terkait dengan SIM dan mutu pendidikan. Kemudian analisis data dilakukan dengan membaca, menganalisis, mengidentifikasi, dan menyimpulkan artikel-artikel yang berkaitan dengan SIM dan mutu pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SIM telah berjalan dengan baik di berbagai lembaga pendidikan. Implementasi SIM melalui penggunaan aplikasi pengelolaan data seperti Dapodik dan teknologi informasi mendukung proses pembelajaran, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengumpulan data pendidikan, serta memfasilitasi praktik pembelajaran yang memanfaatkan infrastruktur teknologi. Dalam analisis, ditemukan bahwa model sistem informasi universal memungkinkan diperolehnya hasil evaluasi yang objektif, memungkinkan penyesuaian parameter kriteria dan kompleksitas evaluasi, serta penentuan nilai parameter dan tingkat kepentingannya. Selain itu, penerapan sistem informasi manajemen terpadu membantu dalam pengambilan keputusan untuk meningkatkan kualitas sekolah dan layanan pendidikan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa SIM memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui pengelolaan data yang efektif, memfasilitasi praktik pembelajaran, dan meningkatkan efisiensi dalam pengumpulan dan pengolahan data. Dengan demikian, SIM dapat menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
Copyrights © 2024