Pelatihan pembuatan modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila bagi guru sekolah dasar bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran yang mendukung implementasi nilai-nilai Pancasila di sekolah. Latar belakang kegiatan ini adalah kebutuhan untuk memperkuat peran guru dalam membentuk karakter peserta didik melalui pembelajaran berbasis proyek yang berlandaskan pada nilai-nilai kebhinekaan, gotong royong, dan kemandirian. Metode pelaksanaan pelatihan melibatkan beberapa tahapan, yaitu sosialisasi konsep Profil Pelajar Pancasila, workshop penyusunan modul berbasis proyek, pendampingan dalam penyusunan modul, dan evaluasi hasil pelatihan. Para guru dilatih untuk mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila ke dalam kegiatan proyek yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan peningkatan kemampuan guru dalam merancang modul yang kreatif dan kontekstual, serta mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip pembelajaran yang aktif dan kolaboratif. Dampak pelatihan terlihat dari meningkatnya pemahaman dan keterampilan guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis proyek yang mendorong siswa untuk berpikir kritis, kreatif, dan solutif dalam menghadapi tantangan kehidupan nyata. Luaran yang diperoleh dari kegiatan ini berupa modul pembelajaran yang siap digunakan oleh guru untuk mengajarkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila di sekolah dasar, serta peningkatan kualitas proses pembelajaran yang lebih berorientasi pada pembentukan karakter siswa sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
Copyrights © 2024