Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 2 (2024): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR

Pengaruh Metode Gasing Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Kelas 4 SD Berdasarkan Gender

Munawaroh, Amma Azizah (Unknown)
Nurtamam, Mohammad Edy (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh metode GASING dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi pembagian bilangan cacah sampai 100 di kelas IV UPTD SDN Kesek 1. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimental design dengan jenis nonequivalent control grup design. Penelitian yang menggunakan sampel 30 siswa dari 20 siswa kelas ekspreimen dan 10 siswa kelas control. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t dependent. Hasil menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan menggunakan metode GASING terhadap pemahaman konsep siswa. Berdasalkan hasil uji t dengan kaidah pengujian yaitu thitung>ttabel, 5.371>2,062 yang artinya Ho ditolak maka ada perbedaan signifikan metode GASING (Gampang, Asik, Menyenangkan) terhadap pemahaman konsep matematis pada materi pembagian bilangan cacah sampai 100 di kelas IV UPTD SDN KESEK 1 Kecamatan Labang Kabupaten Bangkalan.

Copyrights © 2024