Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 9 No. 2 (2024): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN TV DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIKA SISWA DI MA NURUL AKBAR PONGKA

Mutiara, Fara (Unknown)
Paronda, Naimah (Unknown)
Asfar, Andi Muhammad Irfan Taufan (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Scramble dalam meningkatkan kemampuan numerasi matematika siswa. (2) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran Scramble.(3) Untuk mengetahui bagaimana respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran Scramble.(4) Untuk mengetahui apakah ada peningkatan numerasi matematika siswa dalam penerapan model pembelajaran Scramble. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X MA Nurul Akbar Pongka. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian terdiri dari satu kelas yaitu kelas X sebanyak 31 Siswa. Instrumen yang digunakan yaitu Tes Hasil Belajar Siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes belajar siswa pada Siklus I yaitu nilai rata-rata siswa mencapai 65,86% dengan nilai ketuntasan belajar klasikal 54,83%, dilanjutkan pada Siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 82,2% dengan nilai ketuntasan belajar klasikal 83,87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan Model Pembelajaran Scramble dapat meningkatkan Kemampuan Numerasi Matematika Siswa kelas X MA Nurul Akbar Pongka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...