Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Scramble dalam meningkatkan kemampuan numerasi matematika siswa. (2) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran Scramble.(3) Untuk mengetahui bagaimana respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran Scramble.(4) Untuk mengetahui apakah ada peningkatan numerasi matematika siswa dalam penerapan model pembelajaran Scramble. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X MA Nurul Akbar Pongka. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian terdiri dari satu kelas yaitu kelas X sebanyak 31 Siswa. Instrumen yang digunakan yaitu Tes Hasil Belajar Siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes belajar siswa pada Siklus I yaitu nilai rata-rata siswa mencapai 65,86% dengan nilai ketuntasan belajar klasikal 54,83%, dilanjutkan pada Siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 82,2% dengan nilai ketuntasan belajar klasikal 83,87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan Model Pembelajaran Scramble dapat meningkatkan Kemampuan Numerasi Matematika Siswa kelas X MA Nurul Akbar Pongka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024